7 Tips Jitu Cara Merawat Lensa Kamera. Dijamin Kinclong!

Lensa Kamera

Lensa menjadi salah satu bagian penting dari tubuh kamera. Apabila lensa tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa burem atau berjamur. Menyebabkan gambar atau video yang diambil jadi tidak maksimal. Jelas tidak mau kan? 

Untuk itu, yuk ikuti enam tips jitu merawat lensa kamera dibawah ini. Dijamin lensa kameramu setiap hari akan kinclong seperti baru! 

1. Wajib Punya Alat Pembersih Lensa Kamera

Blower

Blower untuk membersihkan lensa kamera

Bentuk blower adalah bulat lonjong seperti pompa yang dapat mengeluarkan udara. Berfungsi untuk membersihkan kotoran debu yang ada di sela-sela bodi kamera DSLR dan daerah-daerah lain yang susah digapai dengan kuas. 

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya cukup menekan bagian karetnya saja untuk meniupkan angin pada bagian kamera yang ingin dibersihkan. Untuk harga di pasar sangat beragam, di situs bukalapak, Tokopedia dan Lazada harga blower mulai dari Rp28 -100an ribu juga ada dan tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi.

Tisu Lensa

Tisu Kering Pembersih Lensa Kamera
source : JakartaNoteBook

Selanjutnya adalah tisu. Tisu yang digunakan adalah yang khusus ditujukan untuk membersihkan lensa kamera. Berfungsi untuk membersihkan bagian optik lensa dari noda dan sidik jari. Kamu bisa mendapatkannya dengan membeli di toko kamera terdekat atau toko online. Di toko online harganya beragam mulai dari Rp7 ribuan sampai puluhan ribu tergantung merek.

Kain Microfiber dan Cairan Pembersih Lensa

Kain Pembersih Lensa Layar Kamera
source : ikuiri.com

Kain microfiber dan cairan pembersih lensa dapat digunakan untuk membersihkan body dan juga kaca lensa kamera. Pastinya dengan hati-hati dan perlahan ya.

Swab Kit

Swab Pembersih Sensor Kamera
source : shopee.co.id

Swab kit berfungsi untuk membersihkan sensor kamera . Lakukan dengan hati-hati agar sensor kamera kamu tidak tergores dan jadi rusak. Cara pakainya sangat dilarang untuk menyemprotkan langsung cairan ke lensa maupun bodi kamera. Cukup semprotkan ke kain micro fiber dan baru mengusapnya.

Swab juga mudah di dapatkan di toko offline dan online harganya berkisar Rp80 ribuan sampai ratusan ribu di toko online. Swab mempunyai ujung penyeka yang lembut dan memiliki pegangan. Swab harus selalu bersih dan steril dari kotoran dan debu.  

Lenspen

LENSPEN Pembersih Lensa
source : tokopedia.com

Lenspen punya bentuk seperti pulpen dengan dua sisi. Sisi pertama berupa kuas yang berfungsi untuk menghilangkan debu, sidik jari dan juga bercak air yang menempel pada optik lensa atau filter lensa.  Harga lenspen di toko online sangat beragam, mulai dari Rp20 ribuan sampai di atas Rp100 ribu.

Sensor Clean

Alat pembersih Sensor Kamera
source : doss.co.id

Sensor clean difungsikan secara khusus untuk membersihkan sensor kamera. Dapat dilakukan dengan membersihkan sensor kamera dari pinggir kanan sampai kiri. 

2. Waktu yang Tepat untuk Bersihkan Lensa Kamera

Kamu tidak perlu untuk membersihkan lensa kamera setiap hari. Pembersihan yang dilakukan dengan berlebihan juga tidak baik karena malah dapat merusak lensa kamera. Baiknya lensa kamera dibersihkan saat setelah dipakai atau memang sudah terlihat memiliki debu yang berlebih. 

3. Lepas Lensa Bila Tidak Dipakai, Berikut Caranya!

Melepas lensa kamera dengan benar itu wajib hukumnya. Caranya gampang. Tekan tombol pelepas lensa, lalu putar lensa berlawanan arah jarum jam (untuk kamera Canon, Sony, FujiFilm) dan searah jarum (untuk kamera Nikon). 

4. Gunakan Pelindung Lensa Kamera

tudung lensa

Salah satu pelindung lensa yang dapat Anda gunakan adalah tudung lensa. Tudung lensa adalah aksesori yang biasa dipasangkan ke lensa. Tudung lensa penting untuk digunakan. Alasannya adalah untuk menghindari cahaya matahari yang kuat dan juga melindungi kepala lensa. 

5. Cegah Tumbuhnya Jamur Pada Lensa Kamera

Lakukan Penyimpanan di Dry Box

Dry Box kamera
source : plazacamera.com

Simpan kamera dan lensa pada wadah yang kedap udara (dry box) atau wadah yang memang dikhususkan untuk menyimpan lensa kamera. Penyimpan kamera ini ada berbagai macam, mulai dari yang biasa hingga yang memiliki alat kontrol digital, layar indikator hingga pengaturan kelembaban udara. Sesuaikan berdasarkan kebutuhanmu

Sesekali keluarkan Kamera dari Tas

Tidak baik untuk menyimpan kamera di dalam tas dalam jangka waktu yang lama. Sehabis digunakan, alangkah baiknya segera dikeluarkan dan pindahkan ke dry box atau wadah penyimpanan kamera.

Hindari untuk Menaruh di Tempat Lembab

Jangan simpan kamera beserta wadahnya di area yang lembab seperti di dalam lemari, di dekat jendela, di bawah AC dan area lembab lainnya.

Taruh Silica Gel di Tas Kamera

silica gel biru
source : pricearea.com

Letakkan silica gel di tas / tempat penyimpanan kamera dan lensa dan ganti silica gel secara berkala. Jika belum sempat membeli silica gel, kamu dapat menggunakan teh sachet untuk perlindungan awal karena bubuk teh memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban udara.

Aktifkan Sensor Cleaning

Setiap kamera memiliki fitur yang berfungsi untuk membersihkan sensor kamera secara otomatis saat kamera dinyalakan atau dimatikan. Fitur ini tentunya tidak efektif untuk membersihkan jamur atau debu kasar yang sudah keburu menempel. Namun, kamu bisa mengaktifkan fitur ini untuk mencegah masuknya debu mikro

Jangan Meniup Lensa Kamera

Hindari meniup lensa / sensor kamera dengan mulut saat membersihkan debu di bagian ini. Kelembaban udara dari tiupan mulut Anda akan menempel di lensa / sensor kamera sehingga bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur. Jadi, gunakan blower dan kain bersih dan kering (cleaning kit) untuk membersihkan debu dari kamera dan lensa.

Dilarang Menyentuh Permukaan Lensa

Jamur dapat masuk ke kamera dan lensa saat Anda menyentuh permukaan lensa ataupun sensor. Meskipun jamur biasanya tumbuh di bagian dalam lensa atau jendela bidik, terkadang jamur muncul di luar setelah Anda menyentuh suatu area. Cobalah untuk menghindari meninggalkan sidik jari di area ini, jika terlanjut, segera bersihkan dengan cleaning kit.

6. Atasi dengan Cara Berikut Apabila Terlanjur Berjamur

Apabila lensa kamera kamu sudah terlanjur berjamur. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah siapkan alat-alat obeng plus, penjepit, kain karbon khusus kamera dan juga cairan pembersih. Apabila sudah, ikuti langkah berikut : 

  1. Kamu harus membuka lensa dari sebelah ujung. Buka stiker penutup menggunakan penjepit. 
  2. Selanjutnya, buka layer pertama lensa. Lepas tiga baut yang menguncinya.
  3. Buka layer kedua. Kendorkan dan buka baut serta angkat lensanya dari dudukan perlahan-lahan 
  4. Tahap selanjutnya, kamu tinggal mengelap lensa yang ditumbuhi jamur. Bisa dibahasi dengan cairan khusus untuk membersihkan kamera
  5. Pastikan tidak ada jamur tersisa
  6. Setelah selesai, pasang kembali setiap bagian lensa dengan benar. 

7. Bawa ke Service Terdekat 

Apabila jamur susah untuk dibersihkan atau kotoran di lensa kamera kamu sudah tergolong tebal. Atau misal kamu takut tergores saat membersihkan , kamu juga bisa membersihkan lensa kamera secara rutin atau bersihkan jamur dengan membawa ke toko kamera terdekat untuk di service

Sekian 6 cara jitu untuk menjaga lensa kamera kamu tetap kinclong. Lakukan secara berkala agar lensa kamera kamu awet ya. Untuk kamu yang butuh lensa kamera untuk momen khusus terbaikmu bisa banget sewa di ARMY. Kantong hemat untuk kreativitasmu yang tanpa batas! Book sekarang juga dengan isi data di http://www.alatrentalmahasiswa.com ya!

Tinggalkan komentar