8 Tips Jitu Mengatasi Laptop Lemot!

Masalah laptop lemot saat dipake ngerjain tugas emang bikin jengkel dan ganggu produktivitasmu. Tapi tenang, ARMY kasih tips yang gampang kamu terapin buat mengatasi laptop lemot nih. Yuk simak selengkapnya.

Penyebab Laptop Lemot

Untuk bisa mengatasi laptop lemot, sebaiknya kamu mengetahui dulu yang menjadi penyebab laptop lemot. Dengan mengetahui permasalahan yang menyebabkan laptop lemot, kamu bisa mengatasi laptop lemot dengan mudah dan cepat. Yang menyebabkan laptop lemot ada beberapa faktor, faktor dari hardware maupun faktor dari software.

Masalah Hardware

1. Kemampuan HDD Menurun

hard disk rusak

Paling Umum, Salah satu penyebab laptop lemot karena kapasitas penyimpanan yang sudah penuh. Penyimpanan laptop yang banyak digunakan saat ini adalah hard disk drive (HDD). Pemilihan HDD sebagai penyimpanan utama adalah karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan kapasitas yang dapat ditampung sebuah HDD. Sebagai pembanding, sebuah HDD kapasitas 1TB dijual dengan harga sekitar Rp 700.000. Sebuah SSD (Solid State Drive) di kisaran harga yang sama hanya mendapatkan kapasitas 256GB.

Komponen utama HDD berupa piringan cakram. Saat HDD beroperasi, piringan cakram ini memutar dengan kecepatan hingga 7.200 rpm. Hal ini tentu saja berimbas pada usia pakai sebuah HDD sangat terbatas dan relatif pendek tergantung dari pemakaian. HDD juga sangat rentan terhadap guncangan. HDD yang dipasangkan dalam laptop, yang seperti kita ketahui laptop adalah perangkat yang mobile untuk mendukung produktivitas diluar rumah tentu saja sangat rentan terhadap guncangan saat kamu bawa keluar rumah. Mengetahui tentang masalah yang mungkin terjadi terhadap HDD ini bisa membantu kamu mengatasai laptop lemot.

2. Kapasitas RAM Kurang Memadai

Random Access Memory (RAM) bisa jadi salah satu penyebab laptop lemot selanjutnya. RAM adalah sebuah perangkat keras di dalam laptop. Prinsipnya cara kerja RAM adalah tempat penyimpanan data sementara. RAM sebagai tempat penyimpanan sementara dari tiap perintah yang kamu lakukan di laptop. Misalnya bermain game, maka RAM adalah perangkat yang menyiapkan semua file yang dibutuhkan game untuk berjalan dengan lancar. RAM juga perangkat utama yang memungkinkan kamu untuk bekerja multitasking. Jadi dapat dikatakan RAM sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop.

Semakin berat dan banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan maka membutuhkan kapasitas memori RAM yang lebih besar supaya aplikasi dapat berjalan lancar. Kebanyakan laptop sekarang ini menggunakan kapasitas memori RAM 2GB atau 4GB. Laptop dengan penggunaan ringan sudah cukup dengan kapasitas RAM 2GB. Namun harus tetap dijaga dalam penggunaannya supaya tidak menyebabkan laptop lemot. Maka dari itu memastikan memori RAM dengan kapasitas yang memadai adalah upaya mengatasi laptop lemot.

Masalah Software

1. Kapasitas Penyimpanan Penuh

gambar hardisk penuh

Kapasitas penyimpanan laptop yang penuh sangat mempengaruhi kinerja laptop dan bisa menjadi penyebab laptop lemot. Penyimpanan laptop yang penuh dengan file akan menyebabkan perangkat penyimpanan (HDD/SSD) bekerja ekstra. Analogikan jika didalam lemari yang maksimal diisi 100 pakaian dan kamu sudah mengisinya dengan 99 pakaian. Maka akan membutuhkan kerja ekstra untuk mengambil salah satu pakaian yang letaknya ada dibawah. Begitupun yang terjadi pada perangkat penyimpanan laptop kamu. Bahkan menurut seorang pakar, HDD yang penuh hingga 95% akan memperlambat kinerja laptop hingga 50%. Maka menjaga kapasitas penyimpanan tetap dalam dalam kondisi normal membantu mengatasi laptop lemot.

2. Terdapat Virus

gambar virus komputer

Virus adalah program atau aplikasi yang menyebabkan masalah pada laptopmu jika terjangkit. Virus bisa menjangkit laptopmu dengan cara menyisipkan dirinya dalam suatu file ataupun program. Cara kerja virus adalah dengan memperbanyak dan menyebar sendiri untuk memberikan masalah pada laptopmu. Masalah yang diakibatkan virus komputer beragam, mulai dari hilangnya file dari komputer, error, program tidak dapat digunakan, hingga merusak hardware laptop. Virus juga dapat menyebabkan harddisk tiba-tiba penuh. Semua masalah yang dibuat oleh virus tersebut bisa menjadi penyebab laptop lemot.

jenis-jenis virus ada banyak, sebagai contoh ada virus trojan, worm, memory resident, comapnion virus, FAT virus, dan masih banyak lagi. Masalah yang dapat ditimbulkan dari virus juga beragam dari masing-masing virus. Maka dari itu menjaga laptop supaya tidak terjangkit virus bisa jadi cara mengatasi laptop lemot.

3. Terlalu Banyak Software Berjalan di Background

Aplikasi yang terlalu banyak berjalan di background bisa jadi penyebab laptop lemot. Tanpa kamu sadari, ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Hal ini berakibat pada pemakaian resource laptop tanpa kamu sadari. Aplikasi yang berjalan di background akan membutuhkan kerja dari RAM, CPU, dan HDD maka saat kamu akan menjalankan suatu aplikasi akan terasa laptop lemot karena resource laptop kamu sudah terpakai aplikasi lain. Terutama aplikasi yang berjalan saat startup laptop yang membuat booting laptop kamu lama.

Software-software yang sudah tidak terpakai adalah sumber utama terjadinya banyak aplikasi yang berjalan di background. Berkaitan dengan kapasitas RAM dan HDD, maka pastikan kamu harus menghapus file dan aplikasi yang sudah tidak terpakai untuk menjaga kinerja RAM dan HDD. Hal ini menjadi cara untuk mengatasi laptop lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Setelah kamu mengetahui kemungkinan penyebab laptop lemot maka kamu juga harus tau cara mengatasi laptop lemot supaya bisa mendukung produktivitasmu

1. Ganti HDD ke SSD

gambar jenis-jenis SSD

Mengganti penyimpanan laptop dari HDD menjadi SSD adalah solusi yang berdampak besar untuk mengatasi laptop lemot. SSD memiliki banyak keunggulan dibanding HDD. Mulai dari kecepatan transfer data, daya tahan, ukuran yang lebih compact, hingga usia pemakaian. Yang jadi kekurangan SSD hanyalah harganya yang lebih mahal dibanding HDD.

SSD adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. perangkat SSD menanamkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten. Bahan pembuatan SSD yang tanpa menggunakan komponen bergerak ini memungkinkannya untuk melakukan transfer data dengan cepat, usia pemakaian lebih lama, tahan guncangan, dan ukuran yang lebih compact

SSD mempunyai beberapa jenis, yaitu:

  1. SSD 2.5 inch
  2. SSD mSATA
  3. SSD M.2 SATA
  4. SSD M.2 NVME
  5. SSD PCIe

SSD yang sering digunakan untuk perangkat penyimpanan laptop adalah SSD 2.5 inch karena slot penyimpanan yang disediakan laptop kebanyakan untuk HDD/SSD 2.5 inch dan bentuknya yang mirip dengan HDD yang digunakan dalam laptop, hanya berbeda isi komponennya. SSD jenis mSATA, M.2 SATA, M.2 NVME juga dapat digunakan sebagai perangkat penyimpanan laptop namun hanya khusus untuk laptop tertentu yang menyediakan slot M key tambahan.

Perlu diingat untuk mengganti HDD ke SSD juga diperlukan aplikasi untuk cloning disk supaya setelah SSD dipasang tidak perlu menginstall ulang Operating System (OS). Kecuali jika memang ingin dilakukan install ulang OS.

2. Menambah kapasitas RAM laptop

gambar hardware RAM

Berisi informasi tentang kapasitas RAM yang memadai, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengganti RAM laptop sendiri secara garis besar

Seperti yang sudah dijelaskan dalam penyebab laptop lemot, diperlukan kapasitas memori RAM yang memadai untuk mengatasi laptop lemot. Laptop dipasaran saat ini banyak menggunakan kapasitas memori RAM 2-4GB. Kamu bisa menambah kapasitas RAM laptop sendiri karena kebanyakan produsen laptop menyediakan slot RAM untuk bisa di upgrade.

Cara menambah kapasitas memori RAM terbilang cukup mudah karena kebanyakan sudah disediakan slot yang bisa diakses. Sebuah laptop dari produsen ada yang menggunakan RAM onboard, 1 keping atau maksimal 2 keping. Tiap produsen laptop bisa jadi berbeda-beda metode menanamkan RAM untuk laptopnya. Biasanya selalu tersedia 1 slot untuk 1 keping RAM walaupun sudah menggunakan RAM onboard. Jika hanya tersedia slot untuk 1 keping RAM maka kamu harus mengganti RAM yang sudah ada dengan kapasitas yang lebih besar. Namun jika tersedia slot untuk 2 keping RAM maka kamu bisa menambahkan pada slot yang masih kosong atau mengganti salah satu keping dengan yang lebih besar jika 2 slot tersebut terisi penuh.

Hal yang perlu diperhatikan saat menambahkan kapasitas RAM adalah dengan memperhatikan spesifikasi detail RAM yang sudah tersedia. Jika laptop menggunakan RAM onboard maka kamu hanya perlu browsing untuk mengetahui spesifikasi detailnya. Spesifikasi ini terkait dengan kapasitas maksimal yang bisa digunakan, kecepatan RAM, dan usahakan merk yang sama jika menggunakan 2 slot RAM.

3. Menjaga kebersihan laptop

gambar membersihkan laptop

Menjaga laptop kamu tetap bersih adalah salah satu upaya mengatasi laptop lemot. Laptop yang kotor bisa berdampak menurunkan kinerja laptop. Biasanya kotoran yang terdapat pada laptop adalah debu, dan paling banyak terdapat pada lubang-lubang di laptop. Lubang terbesar di laptop adalah lubang pembuangan udara panas dari dalam laptop. Operasional laptop menghasilkan panas dari komponen dalam laptop dan panas tersebut harus dibuang untuk menghindari komponen overheat. Jika terjadi overheat karena debu yang menumpuk pada lubang pembuangan udara panas akan sangat berpengaruh pada kinerja laptop dan dalam jangka panjang dapat merusak komponen laptop.

Pastikan untuk menjaga kebersihan laptop dengan melakukan pembersihan secara berkala. Beli alat-alat pembersih laptop yang tersedia di marketplace maupun toko komputer offline dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu juga bisa memakai alat tambahan seperti coolpad untuk menghindari laptop overheat. Investasi terjangkau untuk mendukung produktivitas dan antisipasi kemungkinan laptop rusak.

4. Lakukan perawatan hardware secara berkala

gambar merawat hardware laptop

Memastikan hardware laptop tetap dalam kondisi terbaik merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot. Kadang hal ini dilupakan oleh kamu, tapi ini cara terbaik loh untuk tetap memastikan laptop kamu tetap terjaga kinerjanya. Selain membersihkan laptop dari sampah-sampah file yang tidak digunakan. Kamu perlu melakukan perawatan hardware ini secara berkala.

Perawatan hardware ini tidak perlu sering dilakukan karena perlu membongkar laptop. Bagian motherboard, kipas, CPU, HDD adalah komponen yang perlu kamu bersihkan. Kamu bisa melakukan perawatan hardware dalam hitungan tahun. Bisa 1 atau 2 tahun sekali saja melakukan perawatan ini. Untuk bisa melakukan perawatan hardware ini memang cukup repot tapi sangat layak untuk dilakukan. Kamu bisa cari tau caranya membersihkan laptop mu di internet. Kamu hanya perlu alat-alat seperti obeng, kuas kecil, penyemprot angin dan thermal paste untuk mengganti thermal paste yang sudah kering karena lama terpakai.

5. Hapus File dan aplikasi tidak penting

gambar orang membuang sampah

Cara ini adalah salah satu cara yang paling simpel untuk mengatasi laptop lemot. Kadang kita lupa dan membiarkan file-file yang sudah tidak digunakan tetap berada di penyimpanan laptop. Menghapus file dan aplikasi yang sudah tidak penting berkaitan dengan kapasitas penyimpanan laptop. Memastikan kapasitas penyimpanan laptop terjaga dengan baik maka kinerja laptop juga bisa tetap terjaga maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus file dan aplikasi tidak penting.

  1. Menghapus file junk dengan disk defragment tools. Caranya buka menu Windows > Windows Administrative Tools > Disk Defragment Tools
  2. Membersihkan sampah laptop. Caranya tekan tombol Windows + R > ketik %temp% > muncul semua file-file temporary > lalu pilih semua file dan hapus
  3. Menghapus aplikasi secara manual. Caranya klik kanan pada simbol Windows di kiri bawah > klik apps & features > pilih aplikasi yg akan di uninstall > klik uninstall
  4. Install aplikasi untuk melakukan penghapusan file dan aplikasi. Contohnya aplikasi CCleaner, Advance System Care, IObit, dan lain lain.

6. Lakukan optimasi startup program

gambar menu untuk setting startup aplikasi

Melakukan optimasi startup program terkait dengan aplikasi yang berjalan di background. Semakin sedikit aplikasi yang berjalan di background maka dapat mengatasi laptop lemot dan kinerja laptop tetap optimal. Karena jika banyak aplikasi yang perlu dijalankan ketika startup maka membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan proses tersebut. Jika banyak aplikasi yang dijalankan saat diawal akan semakin banyak juga RAM yang diperlukan, akibatnya semakin sedikit RAM yang tersisa untuk bisa dipakai.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk optimasi startup program adalah dengan mengetik msconfig di kolom pencarian windows > klik startup > pilih aplikasi yang high impact > set disable.

7. Menggunakan antivirus

gambar berbagai anti virus

Salah satu penyebab laptop lemot akibat terjangkit virus. Maka sebagai solusi untuk mengatasi laptop lemot akibat virus adalah dengan memasang antivirus.

Antivirus adalah aplikasi yang bekerja untuk mendeteksi berbagai macam virus di dalam laptop, seperti trojan, worm, memori resident, dan lain-lain. Virus bisa memperbanyak dan menyebar sendiri untuk memberikan masalah pada laptopmu. Masalah yang diakibatkan virus komputer beragam, mulai dari hilangnya file dari komputer, error, program tidak dapat digunakan, hingga merusak hardware laptop. Virus juga dapat menyebabkan harddisk tiba-tiba penuh. Semua masalah yang dibuat oleh virus tersebut bisa menjadi penyebab laptop lemot.

Terdapat berbagai macam rekomendasi anti virus saat ini. Contohnya :

  1. Windows Security. Aplikasi anti virus yang sudah tersedia secara otomatis jika kamu menggunakan OS Windows 10. Namun secara otomatis inactive jika laptopmu menggunakan antivirus dari pihak ketiga
  2. Avira
  3. AVG
  4. Kaspersky, dll.

Saran jika menggunakan anti virus, aktifkanlah fitur realtime protection supaya mendapat respon cepat jika terdeteksi ada virus yang menyerang. Lakukan scanning laptop secara berkala minimal seminggu sekali, namun juga tergantung dari intensitas pemakaian laptop. Pemakaian anti virus ini sebenarnya bagai pedang bermata dua. Satu sisi bisa melindungi dari serangan virus yang mempengaruhi kinerja laptop, namun di satu sisi juga bisa jadi penyebab laptop lemot. Hal ini karena adanya fitur automatic scan yang membuat anti virus berjalan di background setiap saat tanpa bisa di kontrol. Maka sebagai solusinya adalah pastikan kamu telah mematikan fitur automatic scan tersebut.

8. Install ulang OS

gambar install ulang windows 10

Jika kamu sudah mengikuti 7 tips sebelumnya namun tetap tidak dapat mengatasi laptop lemot, maka install ulang OS adalah solusi terakhir yang harus ditempuh. Kamu juga bisa memilih install OS yang ringan untuk dijalankan seperti Linux misalnya. Dengan melakukan install ulang OS, kamu juga bisa tahu penyebab lainnya yang mengakibatkan laptop lemot.

Sebelum melakukan proses install ulang OS ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Kamu harus memastikan sudah backup file sebelumnya untuk antisipasi kehilangan data. Kemudian siapkan master file OS. Bisa di flashdisk, HDD eksternal atau Disc. dan terakhir alokasi partisi perangkat penyimpanan laptop. Langkah-langkah untuk proses install ulang OS sebenarnya cukup mudah. Jika kamu belum benar-benar mengerti langkah install ulang OS ada baiknya mencari tahu dulu di internet supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Di pasaran saat ini terdapat berbagai pilihan OS yang bisa kamu install ke laptopmu. Masing-masing OS pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini adalah beberapa contoh OS yang bisa kamu jadikan pilihan :

  1. Linux. Sebenarnya adalah OS yang ringan namun kurang populer.
  2. Windows. OS yang populer digunakan saat ini namun cukup berat.
  3. Endless OS. Bisa dipakai secara gratis loh!

Solusi Mudah yang ARMY Tawarkan

Nah, itulah tips mengatasi laptop lemot versi ARMY. Bisa kalian coba terapkan sendiri untuk mengatasi laptop lemot kalian. Namun Jika kalian sudah mengikuti semua tips diatas tapi masih belum berhasil mengatasi laptop lemot kalian, tetap tenang. Karena ARMY segera hadir memberikan solusi yang murah dan mudah bagi kamu untuk bisa memakai laptop dengan kualitas terbaik. ARMY menyediakan jasa rental laptop dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Untuk siswa, Mahasiswa, konten kreator, businessman ARMY bisa sediakan kebutuhan laptop kalian. ARMY memastikan unit laptop yang bisa kalian sewa adalah laptop seri terbaru dan melalui quality check yang sesuai standar. Untuk mahasiswa, Jika diperlukan software penting yang untuk menunjang kegiatanmu tinggal request aja, bisa ARMY penuhi.

So, gaperlu ragu dan repot untuk menjalankan tips diatas karena ARMY bisa kasih kamu yang terbaik untuk mendukung produktivitasmu. Segera kunjungi website ARMY, segera klaim voucher potongan Rp 100.000 untuk sewa 1 bulan pertama pada saat launching. Terbatas untuk 100 orang pertama.

Penutup

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika ada saran terkait topik artikel ini silahkan masukan saran anda di kolom komentar.

Tinggalkan komentar